Persiapan Menggelar Geotekstil Lapangan Stadion Joyokusumo

0
64
Tumpukan tanah dalam perataan lapangan Stadion Joyokusumo Pati siap untuk dibuang dan digantikan penutup dari geotekstil.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Paling lambat pekan depan upaya meretakan tanah lapangan Stadion Joyokusumo Pati, dipastikan sudah tuntas sehingga tahapan pekerjaan lainnya bisa segera dipersiapkan. Yakni, untuk menggelar pelapis geotekstil yang materialnya sudah disiapkan sebanyak 25 gulung, masing-masing ukuran 4 x 100 meter sehingga total volume seluruhnya akan mencapai 10.000 meter atau seluas satu hektare.

Dari jumlah material itu jika dihitung sesuai luas lapangan Stadion Joyokusumo , masing-masing panjang 105 meter dan lebar 75 meter tentu ketersediaannya lebih dari cukup. Sebab dalam penataan geotekstil itu tentu ada bagian yang harus masuk ke dalam lubang saluran peresapan dengan jumlah seluruhnya mencapai 23 titik, dan masing-masing titik saluran peresapan itu berjarak 5 meter sehingga total panjang lapangan termasuk dari bagian belakang tiang gawang adalah 115 meter.

Karena itu, kata pelaksana lapangan rekanan Kerja Sama Operasional (KSO) PT Hoetama Karya Mandiri Pati, Edy, saat ini tahapan paket pekerjaan masih pada upaya membersihkan tanah hasil perataan seluruh lapangan. ”Berikutnya, baru digelar material geotekstil dan hal itu akan diikuti dengan pemasangan saluran peresapan,”ujarnya.

Khusus material saluran tersebut, lanjut dia, dalam waktu tidak terlalu lama juga akan segera didatangkan ke lokasi, karena begitu seluruh lembar geotekstil digelar maka saluran dalam bentuk spiral juga harus ikut terpasang. Setelah semua terpasang pada masing-masing saluran yang juga sudah berlapis geotekstil, maka barulah dilakukan penutupan material jenis batu pecah di atasnya ukuran 2/3 cm.

Hal tersebut tidak cukup hanya dengan satu lapis, karena di atasnya masih ada material lagi jenis yang sama, tapi ukurannya sedikit lebih kecil 1/2 cm, dan satu lapis lagi material batu pecah ukuran 1/1 cm. Jika tiga lapis sudah selesai tergelar semua, maka masih dibutuhkan pula satu lapis material lainnya berupa abu batu, sehingga diharapkan setelah material ini tergelar harapannya rumput buatan pabrik dari bahan sintesis sudah selesai dan dikirim ke lokasi.

Untuk pemasangan lembaran rumput ini, pihaknya mentargetkan dalam waktu paling lambat 2,5 bulan atau selama 70 hari kalender benar-benar tuntas. ”Dengan demikian, tahap terakhir kami tinggal menyelesaikan pekerjaan finishing sehingga kendati sekarang progres pekerjaannya terhitung kecil, tapi pada saatnya harus selesai tidaklah ada kata terlambat,”tandasnya.