Pelatihan Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 oleh BPBD

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mempersiapkan langkah para petugas lapangan untuk menangani pasien positif yang telah meninggal dunia. Bagaimana cara yang tepat dalam pemulasaraan jenazah Covid-19.

Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk para relawan peduli Covid-19. Dengan demikian, para relawan dibekali pengetahuan wawasan sebagai prosedur penanganan yang tepat. Akhirnya, bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pelatihan Tim Pemakaman jenazah menggunakan Protokol Covid19 BPBD Kabupaten Pati,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Pati Mimpi Arde Arya kepada Saminnews, Kamis (16/7/2020).

Sebagai simulasi ataupun semacam pelatihan pengurusan pemakaman jenazah korban terpapar virus Corona desease. Pelatihan ini dimaksud untuk para relawan yakni Komunitas Relawan Independen Indonesia (KRI).

“Kegiatan hari ini bertujuan untuk mengantisipasi bila masyarakat kekurangan tenaga untuk melakukan pemakaman jenazah pasien Covid-19. Sehingga bila hal tersebut terjadi, tim dari BPBD bisa langsung diterjunkan ke masyarakat,” tambahnya.

Disamping itu, tujuan adanya pelatihan simulasi pengurusan jenazah ini disiapkan bagi sebuah tim khusus mengurus jenazah. “Tim yang nantinya akan diterjunkan ke lapangan  khusus untuk Pemakaman Jenazah menggunakan Protokol Covid 19,” tandasnya.

Dalam pelatihan tersebut, petugas memberikan pemahaman tentang tata cara yang benar dalam memakai Alat Pelindung Diri (APD). Sebab, bila pemakaian APD salah, maka perlindungan diri tidak bisa maksimal. Justru bisa membahayakan bagi dirinya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dampak Pandemi, Pekerja Migran Sementara Waktu Ditutup
Next post E-Koran Samin News Edisi 16 Juli 2020
Social profiles