Pekerjaan Jembatan Tegalombo Wewenang PU Pati

0
33
Proses pengerjaan jembatan di Desa Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pembuatan jembatan Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti, jalan raya Puncel-Tayu merupakan wewenang dari pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati sebagai pelaksana pengerjaan jembatan. Pada hari Senin (20/7) ini telah dibuat jembatan sementara yang letaknya disamping jembatan utama.

Dengan demikian, jika menghimpun informasi dari bawah merupakan bukan bagian dari wewenang Desa Tegalombo maupun pihak Kecamatan Dukuhseti. Namun, berada pada Dinas Pekerjaan Umum yang menangani pekerjaan jembatan. Barang tentu, pimpinan yang notabenenya di bawah hanya semata mengetahui kira-kira pekerjaan dimulai, serta kalkulasi gambaran selesai pengerjaan berakhir.

“Itu (pekerjaan jembatan) merupakan wewenang PU, pihaknya hanya mempunyai kewenangan mengusulkan kepada yang berwenang. Jadi, informasi detail terkait itu hanya prakiraan maupun juga dimulai kapan waktunya. Yang sekitar 2 (dua) pekan kemarin dimulai,” kata pegawai Tantrib Kecamatan Dukuhseti Suhartono kepada Saminnews, Senin (20/7/2020).

Terkait suasana pekerjaan jembatan itu, memang membenarkan dengan adanya jembatan sementara yang letaknya disamping kanan, jika dari arah selatan (Tayu). Namun, bukan berarti dengan adanya jembatan sementara itu lantas bisa menyelesaikan masalah. Akan tetapi, ada persoalan baru yaitu berkenaan dengan ketika datang hujan yang menyebabkan banjir.

Bahwa, jembatan sementara dengan dilakukan pengurukan dengan material bebatuan sebagai dasar penyangga. Meski sifatnya sementara, hal ini dikhawatirkan jika turun hujan, lalu dialur sungai ada banjir. Justru menimbulkan persoalan baru, ungkapnya.

“itu karena jika hujan, ada banjir. Lalu aliran deras tersebut mau lewat mana. Aliran banjir itu tidak bisa lancar kan. Ya meski tidak selamanya, tapi itu kalau ada banjir datang,” dia menjelaskan.

Pengerjaan pembuatan jembatan tersebut, pihaknya memperkirakan tidak akan butuh waktu yang cukup lama, hanya beberapa minggu. Kemungkinan besar dalam jangka satu bulan sudah selesai dan bisa beroperasi secara normal untuk dilintasi pengguna jalan antara Puncel-Tayu, tutupnya.