Jaga Ketersediaan Pangan, Kodim Pati Panen 7 Ton Padi

0
36
Kodim Pati panen padi di sawah Desa Karangwage Kecamatan Trangkil.

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Guna menstabilkan ekonomi dan menyuplai  persediaan pangan  kedepan, dalam rangka progam ketahanan pangan, Kodim Pati panen padi di sawah Desa Karangwage Kecamatan Trangkil yang  dipimpin Dandim Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, Jumat (03/07/2020).

“Ini merupakan progam kegiatan yang dimiliki Kodim Pati, yakni memiliki sawah atau lahan yang digunakan menanam padi, dan saat ini kita sudah melaksanakan panen. Mudah mudahan hasil panen kali ini bisa maksimal dan dapat menjadi simpanan pangan bagi kita,” Ujar Dandim Pati.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Karangwage karena di desa tersebut menurut petani sekitar memiliki perairan yang cukup, bahkan sawah di desa tersebut dapat panen tiga kali dalam satu tahun. Selain mengandalkan air hujan, para petani di desa tersebut memiliki cukup sumber air yang melimpah sehingga jika musim panas tiba para petani masih memiliki cadangan air lewat sumur bor.

Dengan menyewa lahan petani seluas 1 hektare yang ditanami padi jenis inpari 32, Kodim Pati dapat panen dengan memperoleh hasil sekitar 7,7 ton.  Seluruh hasil panen tersebut akan digiling lalu dititipkan ke pihak ketiga yaitu penggilingan padi untuk disimpan dan akan digunakan kedepanya dalam kegiatan bantuan sosial apabila terjadi bencana alam.