Data Penerima Bansos Diakui Masih ada Tumpang Tindih

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah pusat kepada masyarakat jenisnya bermacam. Hal ini guna mengangkat dan atau menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19. Sebagai jaring pengaman sosial-ekonomi sebagai proteksi terhadap kekrisisan ekonomi masyarakat.

Akan tetapi, di tengah usaha pemerintah itu tidak bisa dipungkiri timbul persoalan baru. Yaitu berkaitan dengan data duplikasi penerima bantuan sosial. Kondisi ini, tak lain adalah disebabkan dengan kinerja yang masif dihadapkan dengan data keluarga penerima manfaat (KPM) yang hingga kini masih terus diperbaharui.

Polemik data penerimaan bantuan sosial yang belum sinkrons ini diakui oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades). Bahwa, dihadapkan dengan banyaknya bantuan kepada masyarakat akibat wabah pandemi Covid-19.

“Dana Desa untuk penanganan Covid-19 atau BLT DD itu ya, mungkin, ada duplikasi atau tumpang tindih (daftar KPM, red) dengan bentuk bantuan lain. Itu memang kita akui, karena jenis bantuan kan banyak sekali. Macamnya luar biasa (banyak),” kata Kepala Dispermades Kabupaten Pati Sudiyono di kantornya kepada Saminnews, Sabtu (18/7/2020).

Sementara itu, terkait datangnya macam-macam bantuan pemerintah untuk penanganan Covid-19 dirasa datang diwaktu secara bersamaan. Dengan demikian, data yang dimiliki oleh pemerintah daerah melalui Dinas Sosial terus diperbaiki untuk menanggulangi ketimpangan, guna meminimalisir daftar penerima manfaat yang tumpang tindih, sambungnya.

Selain bantuan dari Kementerian Sosial, ada juga bantuan sosial yang notabenenya di bawah Kementerian Pedesaan dengan melalui Dispermades yaitu Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Ada kalanya bahwa ketika penerima bansos ganda, harus dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku.

“Ketika ada yang tumpang tindih dengan jenis bantuan lain, sesuai mekanismenya yaitu dilakukan penghapusan, untuk dipilih dari salah satu bantuan tadi, ada yang milih bantuan sosial lain karena fasilitasnya lebih lengkap, namun, ada juga yang milih bantuan BLT DD,” tutupnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 17 Juli 2020
Next post Indeks Pemerataan Bansos di Tengah Pandemi
Social profiles