Pemasangan Saluran U di Kawasan Kolam Tambat Kapal

0
30
Pembuatan akses jalan di kawasan kolam tambat kapal yang masih dalam tahap pemadatan material padas normal.

SAMIN-NEWS.COM  PATI – Sedikitnya sudah 125 unit material saluran jenis ”U” (Udit) yang hari ini terpasang di sisi barat akses jalan di lingkungan kolam tambat kapal kawasan Pulau Seprapat, masuk Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati. Dengan demikian, jika seluruh tahapan paket pekerjaan yang sudah mauun tengah dilakukan progresnya mencapai 70 persen.

Apalagi, saat ini untuk pemasangan ”sheet pile” dinding kolam juga sudah hampir mencapai 600 unit, sehingga sisa kekurangannya tinggal sekitar 100 unit.  Hal tersebut juga masih terus dikerjakan, sehingga sampai pertengahan Agustus mendatang, pelaksanaan pekerjaan khusus itu dipastikan sudah tuntas, dan tinggal perataan pemadatan pelataran di kawasan tersebut yang juga sudah dimulai.

Karena itu, kata Site Manajer Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amin, untuk konsentrasi pelaksanaan pekerjaan adalah pada pembuatan akses jalan di kawasan tersebut. ”Sampai saat ini, selain pemasangan saluran Udit juga pemadatan dasar konstruksi jalan dengan materioal padas normal,’ujarnya.

Menjawab pertanyaan, Amin menegaskan, selain masing-masing pekerjaan itu, segera menyusul pekerjaamn berikutnya adalah pemasangan saluran yang sama untuk sisi timur. Sebab, akses jalan itu seluruhnya adalah 455 sehingga untuk dua sisi menjadi 910 meter, sehingga seluruh saluran yang harus dipasang tentu sepanjang itu.

Akan tetapi, untuk konstruksi jalan yang akan dbagi menjadi dua lajur tersebut masing-masing lajurnya dengan lebar 6 meter diperkuat konstruksi rigit beton, hanya saja panjangnya kurang dari 300 meter. Selain dengan konstruksi rigit  beton sepanjang itu, untuk  kekurangannya akan diperkuat dengan lapisan aspal.

Keseluruhan, lebar jalan dengan konstruksi rigit beton masing-masing 6 meter sehingga jika terdiri dari dua lajur maka lebar seluruhnya adalah 12 meter, tapi di tengahnya dipisah median jalan dari kanstin lebar 1 meter. ”Selebihnya masih ditunjang dengan bahu jalan pada kedua sisi masing-masing lebar 1,5 meter,”paparnya.