Pengawas Pembangunan Lapangan Rumput Stadion Joyo Kusumo Sudah Maksimal

0
169
Pembuangan tanah dari lapangan dan juga pembongkaran saluran air di sekeliling lapangan Stadion Joyo Kusumo berlangsung secara bersamaan.(Foto:SN/aed).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pengawas lapangan dari pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati menilai, bahwa pelaksanaan pekerjaan pembangunan lapangan rumput Stadion Joyo Kusumo Pati sudah maksimal. Dengan demikian, diharapkan sampai berakhirnya hari kalender pekerjaan semua tentu akan berlangsung sesuai kontrak.

Hal tersebut diungkapkan pengawas lapangan yang bersangkutan, Budi dalam perbincangan di lokasi proyek tersebut, Jumat (26/6) tadi pagi. Apalagi jika hari kalender sesuai kontrak selama 200 hari tersebut baru dimanfaatkan sekitar 21 hari atau tiga pekan, maka sisa hari kalender yang tersedia masih terhitung lumayan lama.

Apalagi, lanjutnya, untuk item/sub pekerjaan tahap awal adalah pembersihan atau striping tanah lapangan dan rumputnya dengan ketebalan mencapai 15 cm yang ada di lapangan ukuran panjang 105 meter dan lebar 79 meter hari ini atau besok pagi pasti sudah bersih. ”Demikian pula untuk pembongkaran saluran lama keliling lapangan , paling tidak besok juga tuntas,”ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, untuk tahap pekerjaan berikutnya adalah persiapan pemasangan geotekstil yang sudah barang tentu menunggu kiriman matedrial tersebut dari yang menerima order pemesanan. Misalnya dalam waktu dekat belum datang, masih ada pekerjaan lain yang juga bisa dituntaskan, yaitu penataan saluran pembuang keliling lapangan karena terjadi perubahan konstruksi.

Maksudnya, jika semula saluran tersebut sengaja dibuat lebih dalam ternyata jika hujan deras turun air dari luar lapangan masuk ke saluran pembuang itu dan membawa sampah berupa botol plastik atau gelas air mineral. Jika sudah masuk ke saluran pembuang itu, ketika air dalam saluran surut sampah-sampah tersebut tidak ikut hanyut sehingga tertinggal di dalamnya.

Mengingat kondisi itu maka saluran pembuang air yang ada di sekeliling lapangan nanti kedalamannya tinggal 50 cm dengan konstruksi saluran U yang pencetakannya  dilakukan di lokasi pekerjaan, dan lebarnya 30 cm. ”Jika nanti lembar geotekstil sudah datang maka pemasangan material itu untuk panjang dan lebar seluruh lapangan sudah bisa dilakukan, lengkap dengan pemasangan pipa peresapannya masing-masing dengan jarak maksimal 10 meter sekeliling lapangan,”imbuh Budi.