Pencairan BLT DD Tahap II Sudah Selesai, Kini Persiapan Tahap ke II

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tahapan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Pati hingga kini sudah semua disalurkan oleh masing-masing Pemerintah Desa (Pemdes) kepada warganya. Dan sekarang, tengah mempersiapkan proses pencairan tahap selanjutnya.

“Sudah disalurkan tahap yang sebelumnya itu, terus ini nembe (baru) persiapan  BLT DD untuk bulan atau tahap ke 2 (dua),” kata Kabid Pembangunan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kasdjono saat dikonfirmasi Saminnews, Selasa (16/6/2020).

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan, diantaranya persiapan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD dari desa supaya fix. Sama dengan persiapan yang sebelumnya, untuk diusulkan kepada Pemerintah melalui Dispermades.

kalaupun ada penambahan dan lain sebagainya, harus dimusdesuskan serta dilengkapi berita acara (BA). Hal ini supaya BLT DD tepat sasaran dan tepat guna, serta mengurangi resiko tumpang tindih atau doble penerimaan Bansos.

Data itu kurang lebih sebagai evaluasi dalam penyaluran BLT DD. Sebagai bagian alat atau bahan media menentukan peserta yang berhak menerima. Oleh karena itu, data itu diverifikasi dan validasi (Verval) agar tepat sasaran penerima.

Selain itu, pihaknya menyebut ada KPM yang mendapat ganda bantuan sosial. Jadi, data tak bisa dipungkiri masih adanya data penerima dobel.

“kurang tahu sebelum desa melaporkan, namun dari hasil monitoring kami memang ada sedikit. kemarin ada yang 1 KPM  BLT DD doble Bantuan BLT lain, sesuai dengan ketentuan ya harus dikembalikan ke kas desa. Dan selanjutnya bisa digantikan dengan KPM yang betul” layak menerima dengan mekanisme musdesus dan perubahan perkades dulu,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Tak Tahu Informasi Penutupan Waduk Gembong, Warga Trangkil dan Semarang Putar Balik
Next post Panggung Komedi Persidangan Novel Baswedan
Social profiles