Diskominfo Tinjau Penyaluran BLT DD di Tayu, Sembari Sosialisasi Hidup Sehat

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pati Indriyanto, hari Kamis (4/6) kemarin memantau penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) di 6 (enam) desa di Kecamatan Tayu, Pati. Giat ini dilakukan dalam rangka memastikan proses berjalannya penyaluran bantuan berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di tengah pandemi Corona.

“Iya sekaligus sosialisasi dalam rangka memberi pemahaman masyarakat agar berperilaku hidup sehat dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun, maupun menerapkan physical distancing,” terangnya kepada Saminnews, Jumat (5/6/2020).

Selain itu, kata Indriyanto, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait prilaku yang dianjurkan oleh pemerintah disaat wabah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memberikan masker agar segera dipakai sebagai salah satu upaya meminimalisir penyebaran.

Terlepas dari itu, fungsi BLT DD desa ditujukan kepada masyarakat yang kekurangan serta terdampak akibat virus ini. Dengan memastikan, penerima bantuan tepat sasaran terhadap yang membutuhkan.

Sebagai informasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menerbitkan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Adapun pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk BLT-DD kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Pemdes terlebih dahulu melakukan musyawarah desa (Musdes) dalam rangka penetapan calon keluarga penerima manfaat dari BLT-DD. Yang kemudian diusulkan kepada Pemerintah yang berwenang, agar segera ditindaklanjuti untuk proses pencairan nya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dispertan Usulkan 105 Ribu Petani Pati untuk Menerima Bansos Covid-19
Next post Kasus Pemblokiran Internet di Papua, Bukti Presiden Juga Bisa Salah
Social profiles