Untuk Menyambung Sheet Pile Pulau Seprapat Harus Menebang Beberapa Batang Pohon

SAMIN-NEWS.com  PATI (SN) –  Beberapa batang pohon yang tumbuh di pinggir alur Kali Juwana, terpaksa harus ditebang karena di lokasi tumbuhnya pohon itu tengah dipersiapan pemasangan sheet pile. Hal tersebut berkait dengan penyambungan tanggul penahan yang masuk di lingkungan Pulau Seprapat dengan pemasangan sheet pile, untuk dinding lolam tambat kapal di kawasan tersebut yang masuk Desa Bendar, Kecamatan Juwana.

Berkait hal itu, pihak pemerintahan desa setempat sudah diberi tahu, dan mengizinkan beberapa pohon tersebut ditebang karena tempat tumbuhnya terkena lokasi penyambungan sheet pile dinding kolam tambat kapal dengan sheet pile yang sudah terpasang sebelumnya di lingkungan pulau itu. Dengan ditebangnya beberapa batang pohon tersebut, maka pemasangan penyambungan sheet pile bisa segera dilakukan.

Akan tetapi, kata Seet Manager Rekanan Kerjasama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amin, untuk alat berat baik ekskavator maupun boldoser tidak ada masalah untuk masuk ke lokasi  tersebut. ”Beberapa batang pohon itu harus dibersihkan dari lokasi setempat, karena kami akan mendahulukan penyambungan sheet pile yang di Pulau Seprapat,”ujarnya.

Hanya saja, masih kata dia, ketika alat berat lainnya untuk memancang dan memukul sheet pile beton tengah melakukan persiapan dengan membuat jalan ke lokasi, ternyata akses jalan yang hanya beberapa meter tersebut ambles, Dengan kata lain, tanah yang ada di bagian kedalaman dan ternyata masih basah ikut naik ke permukaan ketika mendapat tekanan alat berat tersebut yang memang benar-benar berat.

Padahal pemasangan alas dari bahan lembaran baja yang berfungsi sebagai tempat untuk bergeraknya alat berat itu sudah dilakukan, tapi ketika coba dilewati justru bagian depan alat berat itu juga ambles. Karena itu upaya untuk bisa memaksimalkan kondisi lahan dan akses jalan ke lokasi penyambungan sheet pile terus dilakukan,

Untuk menghindari hilangnya banyak waktu berkait keperluan itu, jika kondisi memaksa pihaknya akan memasang lembar lapisan geotekstil agar tanah basah di bagian dalam tidak ikut naik ke permukaan. ”Jika hal itu yang terus menerus terjadi, maka alat berat tersebut dipastikan tak bisa bergerak karena tanpa beban saja ambles, apalagi jika nanti harus mengangkat pula batangan sheet pile beton itu,”paparnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Sampah Tak Jauh dari Sekolah
Next post Masa Pandemi, Polres Pati Siapkan Personel untuk Patroli
Social profiles