Sehari Terpasang 13 Batang Sheet Pile

0
Dalam uji pelaksanaan pekerjaan kali pertama Minggu (3/5) kemarin, untuk pemasangan dan pemancangan sheet pile dalam upaya menyambung dengan sheet pile lama di Pulau Seprapat.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari pertama uji pelaksanaan pekerjaan pemasangan sheet pile yang menjadi bagian dari proses pembangunan kolam tambat kapal, di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati, Minggu (3/5) kemarin, hanya bisa memasang material tersebut sebanyak 13 batang. Masing-masing panjang sheet pile itu adalah 12 meter, dan Senin (4/5) hari untuk masalah pelaksnaan pekerjaan di lapangan disetting lagi.

Harapannya, agar nanti setelah benar-benar konsentrasi pada pekerjaan tersebut dalam satu hari hasilnya benar-benar bisa maksimal. Paling tidak, dalam kondisi normal untuk memancangkan sheet pile itu sebanyak 20 batang bisa dicapai, sehingga operator alat berat  dalam melaksanakan pekerjaan tersebut benar-benar memenuhi standar kerja maksimal.

Karena itu, kata Site Manajer rekanan penyedia jasa kerja sama operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amin, Senin (4/5) hari ini, satu alat berat jenis ekskavator khusus bertugas menyiapkan batang sheet pile beton tersebut. ”Maksudnya, material itu ditarik ke lokasi sehingga saat harus ditanam/dipancangkan, operator alat berat untuk memancang dan memukul sheet pile tersebut tidak perlu menunggu,”ujarnya.

Sebab, katanya lagi, sheet pile itu sudah disiapkan satu per satu sesuai urutan yang akan dipasang sehingga operatornya tinggal mengangkat dan memancangkannya sesuai urutan. Dengan demikian, uoaya menghemat waktu bisa dilakukan, karena meterial yang diperlukan benar-benar sudah disiapkan di lokasi.

Hal sama juga menyusul disipakan pula sheet pile beton itu di lokasi belakang dinding kolam tambat kapal, karena khusus penyambungan dengan sheet pile Pulau Seprapat itu panjangnyan hanya 60 meter. Dengan demikian, material tersebut yang dubutuhkan hanya sebanyak 60 batang sehingga sisanya semua untuk memperkuat dinding kolam tambat kapal yang secepatnya juga akan menyusul terpasang.

Paling tidak, selama struktur tanah di sekitar kolam tambat kapal itu tidak terlalu gembur karena kondisinya masih basah pada bagian dalamnya, maka untuk pelaksanaan pemancangan tidak akan terlalu menghadapi banyak kendala. ”Sebab, alat berat akan leluasa dalam bergerak ke samping kiri maupun kanan, dan yang paling mdmakan sedikit waktu untuk memasukkan sheet pikle ke dalam tanah adalah memasukkan secara tepat alat pemukul/hammer,”imbuhnya.