Pemasangan Sheet Pile Menyambung ke Dinding Kolam Tambat Kapal

SAMIN-NEWS.com  PATI (SN) – Mulai Senin (11/5) kemarin progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan kolam tambat kapal di kawasan Pulau Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati terus bertambah. Jika Sabtu (9/5) pekan lalu sudah mencapai 30 persen, maka Sabtu (16/5) pekan ini pasti akan terus bertambah maksimal.

Sebab, pemasangan material sheet pile mulai dari penyambungan dengan konstruksi lama di lingkungan Pulau Seprapat sepanjang kurang lebih 60 meter, sekarang sudah menyambung dengan dinding kolam tambat kapal. Panjang konstruksi dinding ini dari ujung selatan hingga ujung utara mencapai 595 meter, sehingga material pabrikan jenis itu yang dibutuhkan seluruhnya tidak kurang dari 700 batang.

Diminta tanggapannya berkait hal tersebut penanggung jawab lapangan pelaksanaan paket pekerjaan itu dari rekanan Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Ahmad, membenarkan. ”Kami akan terus memaksimalkan pekerjaan utama pemasangan sheet pile untuk dinding kolam yang jumlahnya mencapai ratusan batang dengan panjang per batang 12 meter,”ujarnya,

Karena itu, masih kata dia, pihaknya optimistis di hari-hari berikutnya progres pekerjaan akan bisa maksimal mengingat permasalahan yang mejadi kendala di awal pelaksanaan sudah bisa diatasi. Di antaranya, yaitu masih lembek/gemburnya lahan yang semula merupakan bekas areal tambak sehingga saat diuruk justru tanah uruknya berubah menjadi lumpur.

Dengan demikian, upaya untuk mengatasi permasalahan itu dasar tanah harus dilapisi geotekstil terutama pamadatan akses jalan di belakang dinding kolam. Sebab, lokasi lahan itu untuk bergeraknya alat berat jenis crane yang harus memancangkan sheet pile dinding kolam, sehingga pelkasanaan pekerjaan tersebut saat ini bisa berjalan lancar.

Akan tetapi di lokasi lahan sisi utara sampai saat ini yang kondisi tanahnya masih terlalu basah, maka pemasangan geotekstil juga harus dilakukan, termasuk nanti lahan untuk akses jalan dalam lingkungan lokasi kolam. ”Untuk pelaksanaan pekerjaan akses jalan dua sisi masing-masing panjang 450 meter juga sudah kami kerjakan dengan pemadatan,”imbuh Ahmad.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 11 Mei 2020
Next post Di Kecamatan Gembong, Menghapus Labelisasi Sanksi Dikeluarkan dari KPM
Social profiles