Kades Margotuhu Kidul Dampingi Pengumpulan Zakat Fitrah Sebanyak 225 Paket

SAMIN-NEWS.com PATI (SN) – Pemerintah Desa (Pemdes) Margotuhu Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati mengumpulkan paket sembako dari warga setempat menjelang sholat Idul Fitri. Didampingi langsung oleh Kepala Desa Margotuhu Kidul, Bambang Endro Puspito bersama Pemdes menjembatani dari masyarakat yang ingin membayar zakat sekaligus sebagai Amil zakat.
“kami mengumpulkan paket zakat fitrah dari dari warga sekitar yang dikelola oleh Pemdes yang juga selaku Amil Zakat,” kata Kepala Desa Margotuhu Kidul Bambang Endro Puspito kepada Saminnews, Sabtu (23/5) kemarin.

Paket zakat itu yang kita kumpulkan sebanyak 225 paket. Tentu tugas selanjutnya selain mencatat, mengumpulkan, menyimpan dan menjaga yaitu bertugas sebagai pihak distribusi atau penyalur yang nantinya dibagikan kepada masyarakat itu sendiri, tambahnya.

Kewajiban seorang Muslim salah satunya wajib menunaikan zakat fitrah. Sebagai rangkaian rukun Islam yang dibayarkan tatkala menjelang hari raya idul fitri. Pembayaran zakat fitrah dengan maksud untuk mensucikan badan selama setahun. Dengan takaran beras 2,5 kilogram per individu. Serta juga bisa dibayarkan dengan uang tunai senilai harga beras 2,5 kilogram.

Bukan hanya sekedar kewajiban, zakat fitrah juga mengandung hikmah mendalam di balik perintah pembayarannya. Di antara hikmah zakat fitrah, salah satunya adalah menanamkan nilai berbagi. Ini dimaksudkan agar seorang fakir miskin juga bisa turut merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama tanpa kelaparan atau kekurangan suatu apapun.

Selain itu, kata Bambang, zakat merupakan sarana untuk mencapai keadilan sosial. Karena selain mendapat pahala, dalam Islam diajarkan bahwa salah satu manfaat zakat adalah memperpendek jurang antara si kaya dan si miskin. Dengan demikian, ada sisi yang terbangun dari penunaian zakat itu, yakni dalam mengupayakan pemerataan sosial dalam hal ekonomi, “tandasnya.

About Post Author

Sigit Pamungkas

Previous post E-Koran Samin News Edisi 23 Mei 2020
Next post Lebaran di Tengah Pandemi Corona dan Realita Lensa
Social profiles