Ibu-ibu Masjid Juwanalan Gagas Berbagi Sayur Gratis

0
104

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ibu-ibu Masjid Bissalamatil Ummah, Juwanalan, Pati Kidul, Kecamatan Pati/Pati menggagas pemberian sayur gratis untuk sesama. Kegiatan yang bertajuk sodaqoh bersama semampu dan seikhlasnya ‘Ora Lokak Malah Kebak’ ini sebagai wujud kepedulian antar sesama terlebih memang saat ini masyarakat sedang berjuang bersama melawan dan menangkis penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

“para ibu Masjid Bissalamatil Ummah berinisiatif yang menggagas sayur gratis, ini tinggal ngambil secukupnya seperlunya siapa yang mau,” kata Puji Endah Wati kepada Saminnews, Rabu (13/5/2020).

Pembagian sayur gratis dengan dipasang pada tiang yang telah disediakan sebagai tempat centelan sayur. Tiang itu dibuat sederhana dari bahan kayu yang penting bisa digunakan alat untuk mencantolkan. Karena sayur dimasukkan dalam wadah plastik yang kemudian dicantolkan ke tiang kayu itu.

Sesuai namanya, pada poster yang bertuliskan monggo sodaqoh bersama, ada pesan yang ingin disampaikan serta diutarakan kepada masyarakat luas. Yakni dalam mengkampanyekan berbagi kepada yang lain bagi yang membutuhkan dengan asas semampunya dan seikhlasnya. “sodaqoh bersama dengan ikhlas dan semampunya dalam bentuk sayur yang dimasukkan wadah plastik tujuannya untuk mengajak bagi mereka yang punya rejeki lebih untuk dirasakan bersama,” tambah dia.

Kemudian arti dari ‘Ora Lokak Malah Kebak’, menurutnya sodaqoh ini meski kita mengeluarkan sesuatu tapi diyakini bukan berkurang justru sebaliknya bisa menambah rejeki bagi ia yang mau berbagi. Lebih dari itu, dampak positif yang terlihat adalah semakin mempererat kerukunan dan keguyuban.

Kegiatan berbagi sayur mayur gratis ini telah dimulai perdana pada hari Rabu (13/5) pagi tadi. Meskipun begitu rencananya akan dilakukan terus menerus dengan mekanisme yang sama. Siapa yang mau sodaqoh menaruh sayur dan bagi siapa saja yang membutuhkan. Selanjutnya, kegiatan serupa paling tidak minimal dilakukan hingga setelah lebaran. Namun bisa saja nanti selama waktu adanya pandemi. Dan semoga hal ini (wabah corona) bisa segera hilang, tandasnya.