Hujan yang Turun di Siang Hari Hambat Pelaksanaan Pekerjaan Kolam Tambat Kapal

SAMIN-NEWS.com, PATI Hujan yang mengguyur di siang hari berturut-turut, Rabu dan Kamis (27/5 dan 28/5), hal itu menyebabkan pelaksanaan kembali bekerja di lokasi kolam tambat kapal setelah libur Lebaran, tidak bisa maksimal. Kondisi itu sangat mengganggu pelaksanaan persiapan pekerjaan di lapangan, utamanya untuk pekerjaan pemasangan sheet pile.

Selain itu, juga pekerjaan memindahkan gundukan lumpur yang masih basah dari sisi lokasi di selatan ke utara juga tidak bisa berjalan, karena lokasi lahan menjadi basah akibat guyuran air hujan. Akibatnya, ”dump truck” yang sudah disiapkan di lokasi tentu tidak bisa bekerja karena kalau memaksakan diri mengangkut lumpur tersebut pasti akan terperosok dalam tanah yang kondisi bawahnya masih lembek.

Akan tetapi, kata Site Manajer rekanan penyedia jasa Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amin, karena cuaca Jumat (29/5) kemarin cukup cerah, maka persiuapan pekerjaan di lapangan diharapkan bisa maksimal. ”Alat berat sudah mulai memasukkan sheet pile untuk konstruksi dinding kolam,”ujarnya.

Di samping itu, masih kata dia, dua ekskevator dan satu boldoser juga mulai bisa maksimal untuk meratakan tanah yang masih menggunduk di sisi utara. Tanah tersebut harus dimasukkan untuk mengguruk bekas lokasi tambak yang sampai saat ini masih berair, sehingga berapa pun tanah yang ada semuanya harus dimasukkan ke bekas tambak tersebut.

Alat berat untuk pemancang dan pemukul sheet pile meskipun sudah mulai beroperasi di lapangan tapi belum maksimal karena kurang leluasa bergerakanya akibat turun hujan di siang hari

Karena itu, untuk sementara diambilkan tanah dari lokasi di sisi selatan sehingga nanti penggantinya harus disedikan tanah uruk baru. Jika tidak menggunakan pola itu, maka akan menghambat pelaksanaan pekerjaan, apalagi bila harus menunggu lokasi lahan sampai benar-benar keras tentu akan memankan waktu cukup lama.

Kendati pihaknya belum banyak kehilangan hari kalender dalam melaksanakan pekerjaan tapi harus dihitung secara cermat, agar tidak banyak waktu yang terbuang. ”Dengan demikian, untuk pelaksanaan tahapan pekerjaan saat ini adalah menggeser endapan lumpur yang masih basah dari lokasi sisi selatan ke utara, dan juga memasang sheet pile yang tersisa kurang dari 100 batang,”imbuhnya.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Warga Minta Akses Jalan untuk Anak-anak Sekolah Dikembalikan
Next post Pilkada Serentak Desember 2020, Sebuah Kontestasi yang Dipaksakan
Social profiles