Atasi Gemburnya Tanah Urukan, Rekanan Datangkan Geotekstil

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sedikitnya 20 rol/gulung material geotekstil didatangkan rekanan penyedia jasa yang mengerjakan paket pekerjaan pembangunan fasulitas kolam tambat kapal, di kawasan Pulau Seprapat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati. Tiap rol material tersebut mempunyai panjang rata-rata 100 meter yang akan dimanfaatkan sebagai pelapis tanah yang berubah menjadi gembur ketika dilakukan pengurukan dan pemadatan.

Akibatnya, jika hal tersebutv dipaksakan untuk bergeraknya alat berat terutama yang untuk memancang dan memukul sheet pile, berisiko akan terperosok dan ambles dalam kubangan tanah yang ternyata du bagian dalamnya masih basah. Karena itu, ketika diuruk dengan tanah uruk baru dan dipadatkan kondisi tanah pun bercampur, serta berubah menjadi gembur.

Dengan demukian, kata Site Manajer rekanan penyedia jasa hasil Kerja Sama Operasional (KSO) PT Aneka Tata Sarana Pati, Amien, upaya untuk mengtatasinya tidak ada cara lain kecuali memasang lembaran geotekkstil tersebut di lokasi lahan yang akan difungsikan sebagai tanggul tempat bergeraknya alat berat pemancang dan pemukul sheet pile. ”Selain itu, geotekstil juga akanb memperkuat sisi belakang dinding kolam tanbat kapal,”ujarnya.

Sebab, masih kata dia, tanggul yang dipersiapkan untuk temoat bereraknya alat berat itu juga akan menahan sheet pile dengan panjang 12 meter tersebut. Hal tersebut mengingat material itu akan ditanaman sebagai dinding kolam tambat kapal dengan kedalaman mencapai 8 meter, dan kondisi tersebutbjuga masih berubah jika harus ditanam dalam tanah lebih dari itu.

Jika dihitungkan berdasar panjang dinding dan lebar penampang kolam seluruhnya ada 700 meter, ditambak akses untuk ruas jalan sisi kiri dan kanan masing-masing 450 meter maka geotekstil yang disediakan maksimal 10 rol/gulung. Jika ditambah 700 meter atau 7 rol untuk pelapis dasar tanggul, maka seluruhnya berjumlah 17 gulung.

Karena sudah tersedia sebanyak 20 gulung maka kepentingan pelapisan dasar tanah baik untuk tanggul dan akses ruas jalan sudah mencukupi, dan lebihnya tentu sebagai cadangan bila ada bagian lahan lainnya yang membutuhkan. ”Dengan pelapis geotekstil, maka alat berat yang akan melakukan pemancangan sheet pile nanti tidak terperosok dalam tanah,”imbuh Amin.(AED)

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Ceceran Tanah Uruk di Jalan Raya Pati-Juwana
Next post Penataan Ulang Tempat Dagang Diperuntukkan Pedagang Sore
Social profiles