RSUD RAA Soewondo Tengah Butuh Masker Bedah dan N95

SAMIN-NEWS.com, PATI – Para tenaga medis atau perawat sudah seyogyanya memang bertugas melakukan upaya penanganan pasien. Seorang profesi yang saat ini tengah berjuang di luar maupun dalam ruangnya terhadap upaya terbaik penanganan wabah virus corona.

Dalam penanganan tersebut tak luput dari yang namanya standart protokol kesehatan. Apalagi, virus itu memang sangat getol menularkan pada orang lain, apabila tidak hati-hati menangani. Di tempat umum atau ruang publik saja masih bisa berpotensi menular apalagi, di tempat rumah sakit yang memang notabenenya adalah tempat untuk melakukan perawatan bagi mereka pasien corona.

Standart protokol tersebut yakni meliputi kelengkapan alat pelindung diri (APD) bagi perawat atau dokter. Oleh sebab itu, ketersediaan APD itu harus dipastikan stoknya aman. Instansi rumah sakit dan pemerintah yang dalam hal ini terus berkoordinasi untuk memastikan barang yang dibutuhkan.

RSUD RAA Soewondo sebagai rumah sakit rujukan penanganan bagi mereka pasien dalam perawatan di wilayah Pati. Dr. Joko Subiyono mengatakan RS Soewondo saat ini untuk alat pelindung diri masih dirasa aman. Akan tetapi, jumlah tersebut jika belum berakhir masa pandemi ini, akan menyebabkan kehabisan stok yang dimiliki oleh rumah sakit terkait.

“APD saat ini ya masih aman, yang dibutuhkan untuk segera di persiapkan adalah masker jenis N95 dan masker bedah,” ucapnya saat ditemui awak media Samin News di ruangannya, Sabtu (18/4/2020).

Ketersediaan masker bedah dan masker N95 untuk bulan ini di RS Soewondo masih ada. Akan tetapi, untuk persediaan bulan berikutnya, masker tersebut sudah menipis. Oleh karena itu, pihaknya menawarkan dan membuka ruang bagi siapa saja yang mau mendonasikan kedua jenis masker itu kepada rumah sakit.

Dirinya menilai, pakaian asmat yang digunakan oleh tim medis masih longgar (tersedia, red) barangnya. Berbeda dengan kedua masker itu yang memang perlu segera untuk didatangkan bulan depan. Sejauh ini pandemi berlanjut, maka selama itu pula kelengkapan APD harus dipenuhi. Karena, kapan wabah virus corona berakhir tidak tahu sampai kapan. “Berakhirnya ya, gak tau. Tapi presiden, kemarin mengatakan akhir tahun ini sudah reda. Ya, moga segera berakhir, kalau bisa secepatnya gak usah nunggu akhir tahun,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Tak Patuhi K3 Pekerja Dipersilakan Pulang
Next post Disnaker Fasilitasi Pembuatan Masker oleh Pemesan
Social profiles