Polsek Juwana Giat Lakukan ”Wara-wara” Covid-19

SAMIN-NEWS.com  PATI (SN) – Siaran keliling atau ”wara-wara” kepada masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) ternyata lebih mengena dan lebih efektif. Sebab, masyarakat di tempat yang dilewati langsung bisa mendengar apa yang disampaikan dan memang ditujukan kepada masyarakat secara luas.

Hal tersebut, Sabtu (11/4) hari ini, dilakukan Polsek bersama Koramil Juwana dan unsur Kelompok Gusdurian. Selain siaran keliling dalam kesempatan sama mereka juga melakukan bakti sosial dengan membagikan nasi bungkus, air mineral serta masker secara langsung kepada warga yang terdampak Covid-19 di Juwana.

Kegiatan itu, kata Kapolsek Juwana, AKP Eko Pujiyono dimulai sekitar pukul 11.45 s/d 12.40, sehingga dalam waktu kurang dari satu jam apa yang harus dibagikan kepada warga semuanya tandas. ”Sebab, untuk hari ini kami memang sengaja mengambil lokasi di jalan protokol sehingga warga yang kebetulan melintas langsung kebagian nasi bungkus, air mineral dan masker,”ujarnya.

Selebihnya, masih kata Eko Pujiyono, warga bisa mengerti tentang bahayanya penyebaran virus Corona. Sehingga begitu mereka mendapat pembagian masker langsung dipakai, dan bagi mereka yang sudah memakai akan dimanfaatkan untuk mengganti jika masker yang sudah dipakai sebelumnya harus dicuci.

Dalam imbauannya kepada masyarakat, pihaknya tetap menegaskan agar warga tinggal di rumah dan melakukan kegiatan yang bermanfaat bersama keluarga. Selebihnya warga juga diimbau untuk menjauhi keramaian, jalan raya, dan pusat perbelanjaan serta tempat wisata, jika tidak mendesak untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Karena itu jika hendak belanja makanan atau minuman upayakan dibungkus dan dibawa pulang untuk mengurangi titik kumpul masyarakat, jaga jarak aman agar agar tidak terpapar virus tersebut. Tetap tenang dan jangan panik, jangan menganggap enteng penyebaran Covid-19, tidak melakukan pembelian dan atau menimbun kebutuhan bahan pokok.

Selain itu, katanya lebih lanjut, tidak terpengaruh dan menyebarkan berita yang sumbernya tidak jelas, tak ketinggalan jangan lupa untuk selalu berdoa, dan warga yang baru pulang dari merantau termasuk yang dari luar negeri harus melapor kepada pemerintah desa setempat. ”Jangan lupa cuci tangan sebelum memegang barang dan makanan/sebelum masuk rumah,”imbuhnya.

Sedangkan jalan protokol yang dilewati saat ”wara-wara” sambil membagikan lebihb dari 500 bungkus nasi, yaitu seputaran proliman Krisna, perempatan Istana Mainan (Jl P Diponegoro), dan Alun-alun Juwana. Selebihnya di seputar Tugu Sukun (Jl  P Sudirman dan Pasar Baru Juwana (Jl Komodo).

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 11 April 2020
Next post HIPAKAD Bagikan Nasi Kotak di Lingkungan Gedoeng Joeang
Social profiles