Bupati Himbau OPD untuk Mengalahkan Perutnya Saat Pandemi Corona

0
42
Bupati Haryanto saat memimpin Rakorpok Triwulan I secara daring, di Ruang Command Center Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di tengah kondisi pandemi covid-19 yang melanda hampir disegala penjuru negeri termasuk kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto mengajak jajaran perangkat daerah yang ada di Kabupaten Pati untuk mengencangkan ikat pinggang guna mengatasi pandemi yang sedang melanda Kabupaten Pati.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang diungkapkan Haryanto saat memimpin Rakorpok Triwulan I secara daring, di Ruang Command Center Kabupaten Pati, Rabu (15/4/2020). Bersama Wakil Bupati Saiful Arifin dan Sekda Suharyono, Haryanto menegaskan pada Kepala OPD untuk refocusing anggaran di masing-masing instansi.

“Di tengah situasi pandemi seperti ini, sudah selayaknya kita menahan perut untuk sementara waktu. Kita perlu memikirkan upaya-upaya terbaik dalam rangka penanganan covid-19,” tutur Bupati saat dikonfirmasi awak media Samin News.

Sebelumnya, Bupati telah mengeluarkan surat edaran kepada masing-masing OPD untuk melakukan penggeseran anggaran hingga 32 miliar. Namun setelah terbitnya SK Menteri Bersama, yaitu Mendagri dan Menteri Keuangan mewajibkan daerah melakukan refocusing anggaran hingga minimal 50%.

Bupati menyebutkan, beberapa pos kegiatan mengalami pengurangan diantaranya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang telah dinaikkan bulan Februari, harus dikurangi hingga 40% selama masa pandemi.