Pembangunan Gedung Server Butuhkan Waktu Enam Bulan

SAMIN-NEWS.com, Pati  – Butuh waktu enam bulan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pati membangun gedung server terpadu. Pembangunan itu dimulai pada bulan April 2020 mendatang hingga enam bulan, yang berarti sampai bulan September nanti. Proses pengerjaan itu digarap dengan sesuai target menghabiskan waktu hampir akhir tahun (September).

“rencana gedung server terpadu baru itu nantinya, terdiri dari dua lantai atas dan bawah. Pada lantai atas sebagai ruang pusat keamanan server (SOC). serta yang di lantai bawah dijadikan sebagai media center (ruang untuk menyampaikan / informasi publik),” kata kepala Diskominfo Indriyanto pada Saminnews.

Saat ini, ruang server terpadu kurang begitu representatif. Secara luas tempat gedung, maupun ruang/tempat khusus perlu dibuatkan. Sehingga ada tempat maupun ruang tersendiri untuk pelayanan sebagai media menyampaikan informasi publik kepada masyarakat. Selain itu, sebagai ruang operasi keamanan untuk server itu sendiri, tambahnya.

Pembangunan gedung server terpadu, kata dia, berada pada sebelah sisi timur dari gedung yang ada saat ini. Serta di sisi samping aula pertemuan gedung Diskominfo. Ruang server terpadu merupakan ruang server pusat pengolahan data elektronik untuk melayani kegiatan OPD  dalam rangka menerapkan birokrasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Ruang server terpadu mulai beroperasi bulan Januari nanti. Alhasil gedung baru itu belum bisa langsung digunakan untuk keperluan operasi server. Pihaknya menyebut masih menyesuaikan dan mengatur ruangan tersebut agar supaya bisa diaktifkan. “karena perlu seting server dengan migrasi instalasi dari lokasi ruang server lama ke ruang  server baru,” kata dia.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Kondisi Tepi Jalan Pati-Juwana KM 4 s/d KM 5 Tetap Berlumpur
Next post Kungkum Dulu di Kali Simo
Social profiles