Musrenbang Kecamatan Jakenan, Komisi D DPRD Pati Singgung Pemberdayaan Masyarakat

SaminNews.com, Pati – Pembangunan yang tepat sasaran merupakan cita-cita setiap pemimpin untuk meningkatkan kualitas rakyat yang dipimpinnya. Pembangunan sejatinya ada beberapa kriteria, yaitu pembangunan fisik serta pembangunan sumber daya manusia (SDA).

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati melakukan penyusunan rencana kerja untuk program kerja ke depan. Proses penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) melalui penjaringan aspirasi dari masyarakat. Dewan perwakilan rakyat daerah beserta OPD lain mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati,  Rabu (12/02/2020).

Salah satu narasumber pada Musrenbang dari Komisi D Suwarno menyinggung tentang pemberdayaan pemuda. Peran pemuda merupakan sesuatu yang vital dalam arus keberlanjutan masyarakat.

“Pemuda masih sangat enerjik, maka rugi jikalau mereka masih nganggur. Harus ada semacam pelatihan ketrampilan,” tutur Suwarno.

Banyak pemuda yang saat ini merantau ke luar kota bahkan sampai ke luar negeri untuk mengadu nasib di tanah orang. Ia mengaku sering berkoordinasi dengan pimpinan terkait untuk membahas persoalan pemuda yang saat ini lebih memilih merantau ketimbang menjalani hidup di tanah sendiri.

Selain masalah tersebut, Ia menambahkan persoalan yang dialami oleh warga Pati. Persoalannya ialah warga Pati belum mampu mengoptimalkan layanan BPJS maupun KIS. pasalnya banyak warga yang belum tercover dengan fasilitas yang disediakan pemerintah.

Ia berharap agar Perangkat Desa ketika ada warganya yang masuk kategori segera melaporkan kepada pihak yang berwenang untuk proses pendataan.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Soal Kapal Remo Wijaya Sakti 02, PPP Bajomulyo Mengaku Tak Tahu Detail
Next post Komisi D Singgung Kesejahteraan Guru dan Isu Stunting di Musrenbang Jakenan
Social profiles