Kepala BPBD Pati Sebut Sampah Jadi Penyebab Banjir

SAMIN-NEWS.com, Pati – Sejumlah ruas jalan di wilayah Pati mengalami luapan air dengan ketinggian air yang beragam. Luapan air disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi mulai Rabu malam hingga Kamis pagi.

Luapan tersebut menyebabkan banyaknya sungai yang tidak mampu menampung debit air hujan, sehingga meluap ke daratan.

“Curah hujan tinggi mengakibatkan sungai tidak mampu menampung debit air sehingga meluap ke daratan,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Budi Prasetyo, Kamis (20/2/2020)

Meskipun demikian Ia menyebutkan bahwa pemicu lain dari meluapnya air sungai dikarenakan banyaknya sampah di sungai. Seperti Sungai Sani, Bapoh dan Simo tidak mampu menampung debit air yang datang dari hulu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah tersebut membuat presentasi 36% daerah yang rawan mengalami bencana banjir. Instansi tersebut merilis sebanyak 146 desa yang terdiri dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Pati.

“Kedepannya, langkah yang segera diambil adalah dengan melakukan pengambilan sampah yang menyumbat aliran sungai dengan alat berat dari DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) serta perbaikan tanggul yang jebol setelah nanti aliran air sungai surut,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 20 Februari 2020
Next post Intensitas Hujan Tinggi, Tiga Tanggul di Margorejo Jebol
Social profiles