Jangan Pernah Menyerah Pada Keadaan

Dandim 0718 Pati, Letkol Arm Arief Darmawan bertindak sebagai inspektur upacara memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI oleh kelompok warga penghuni Lorong Indah dan Kampung Baru, Desa//Kecamatan Margorejo, Pati, Sabtu (17/8) kemarin.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Dalam pesannya saat bertundak sebagai inspektur upacara (Irup) memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di halaman Pasar Hewan Margorejo, Pati, Sabtu (17/8) kemarin, Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan menandaskan, agar para penghuni Lorong Indah (LI) dan Kampung Baru dalam kondisi apa pun jangan pernah menyerah pada keadaan. Itu artinya, semua harus dihadapi dengan semangat agar tercapai cita-cita kemerdekaan.
Bicara tentang cita-cita Kemerdekaan RI tentu saja tercapainya tatanan kehidupan masyarakat ini yang adil, makmur dan sejahtera. Karena itu, semua yang dalam keceriaan sebagai peserta uoacara memperingati HUT Kemerdekaan ini harus terus menjaga persatuan dan kesatian, serta kerukunan antarwarga.
Kali pertama bertugas di Pati dan menjadi irup dalam upacara yang sama di tempat ini pula pada peringatan HUT Ke-73 RI, katanya lagi, memang dalam hati timbul rasa haru yang mendalam. Hal itu terjadi setelah menyaksikan, betapa semangatnya warga LI dan Kampung Baru dalam merayakan HUT Kemerdekaan ini.
Akan tetapi dalam kesempatan ini, rasa haru harus dilepaskan dan sudah berganti dengan semangat untuk terus melakukan apa yang terbaik sesuai kapasitas dan tugas masing-masing dalam mengisi kemerdekaan ini. ”Kendati demikian, jangan lupa untuk terus memupuk semangat persatuan dan kesatuan di antara seluruh komponen anak bangsa,”tandasnya.
Sementara itu, saat upacara tengah berlangsung suasana lingkungan sekitar  yang sangat mendukung tak lain suara lenguhan sapi-sapi yang  tengah diperjual-belikan di belakang halaman pasar. Sesekali juga kerasnya kambing-kambing yang mengembik, karena tepat pada perayaan HUT Kemerdekaan hari pasaran bersamaan dengan hari pasaran Pasar hewan tersebut, yaitu Wage.
Suasana seperti itu sudah berlangsung kali ketiga dari lima kali atau lima tahun upacara peringatan HUT Kemerdekaan dilaksanakan warga penghuni Lorong Indah dan Kampung Baru di lokasi tersebut oleh pihak-pihak yang menaruh kepedulian. Dalam kesempatan kemarin hadir jajaran Muspika Kecamatan Margorejo, dan juga kepala desa (Kades) setempat, Nabianto.
Selain itu juga pemrakarsa penyelenggaraan upara oleh kelompok perempauan yang terpinggirkan di Lorong Indah dan Kampung Baru dari Kelompok Gusdurian Pati, Eddy Siswanto. Akan tetapi, koordunator kelompok tersebut yang lain, Kiai Happy Irianto berhalangan karena sedang bertugas ke Jawa Timur, tak ketiggalan peneliti yang juga dosen IAIN Kudus, Ny Fatma serta anggota Komisi D DPRD Pati, Endah Sri Wahyuningati.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Klenteng Hok Tik Bio Pati Gelar Sembayangan Arwah
Next post Petani Hulu Alur Kali Juwana Menunggu Realisasi Bendung Kembang-kempis
Social profiles