PT SIK dan Sako Pramuka Penegak FWP Kembali Sadar Tanam Pohon

Bersama jajaran manajemen PT Sinar Indah Kertas (SIK) Pati, anggota Satuan Komunitas Pramuka Penegak Forum Wartawan Pati (FWP) selesai menanam pohon buah-buahan di sepanjang tanggul alur Kali Simo, di Desa Kutoharjo, Kecamtan Kota Pati (atas). Sekretaris FWP Satriyo Abdi Nugroho menyerahkan piagam kerja sama ”Sadar Tanam Pohon” kepada perwakilan PT SIK (bawah).(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Melalui program ”Corporate Social Responsibility” (CSR) PT Sinar Indah Kertas (SIK) Pati kembali menjalin kerja sama dengan Forum Wartawan Pati (FWP) dalam Gerakan Sadar Menanam Pohon. Untuk kali ini, sengaja dipilih jenis pohon buah-buahan khususnya mangga madu dan matoa.
Lokasi lahan penanaman yang berlangsung Sabtu (20/4) kemarin adalah tanggul alur Kali Simo, di Desa Kutioharjo, Kecamatan Kota Pati, swebanyak 200 batang pohon. Dari jumlah tersebut, yang sebagian diserahkan kepada warga desa setempat, agar ditanam di halaman rumah masing-masing.
Karena itu, Kepala Desa (Kades) setempat, H Hartono atas nama warganya mengucapkan terima kasih atas kepedulian FWP bersama Sako Pramuka Penegak yang menggugah dan mengajak warganya untuk sadar akan pentingnya menjaga kondisi lingkungan. Sehingga tahap berikitnya, kepdulian tersebut bisa dilanjutkan.
Dengan kata lain, penanaman pohon di desanya dan juga pemberian bibit untuk ditanam sendiri oleh warganya agar bisa ditindaklanjuti, dan masuk agenda Gerakan Sadar Tanam Pohon FWP. ”Sebab, kami masih punya lokasi penanaman, baik jenis buah-buahan maupun pohon lainnya, yaitiu di sekeliling lapangan dan lingkungan balai desa,”ujarnya.
Kades Kutoharjo, Kecamatan Kota Pati, H Hartono secara simbolis menyerahkan bibit yang diterima dari FWP kepada anggota Sako Pramuka Penegak untuk ditanam (atas). Pramuka anggota Sako dan anggota FWP bersama menanam pohon buah-buahan di tanggul Kali Simo.(Foto:SN/aed)

Dalam kesempatan sama, Didik yang mewakili pihak PT SIK mengatakan, bahwa melalui program CSR perusahaan untuk saat ini selain dialokasikan dalam upaya menjaga dan menciptakan kondisi lingkungan agar tetap terus berlangsung, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak mauoun kelompok peduli lingkungan. Salah satu di antaranya adalah dengan FWP, sudah untuk kali kedua.
Pertama akhir Tahun 2018 dengan Gerakan Orang Tua Asuh Pohon (GOTAP) dan kedua dalam tahun ini, kerja sama dalam Gerakan Sadar Tanam Pohon. Selain itu pihaknya juga menjalin kerja sama dengan kelompok peduli pelestarian pantai melalui program penanaman bakau, serta dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, serta penanaman pohon di kawasan Lereng Pati Ayam.
Jalinan kerja sama ini akan terus kami lanjut, karena pihak perusahaan memang sudah merasa cocok untuk ikut ambil bagian dalam pelastian lingkungan. ”Karena itu, kita harus menanam pohon di mana ada lokasi yang tersedia, karena dengan gerakan tersebut berarti kita telah ikut menciptakan bagian paru-parunya dunia,”ujarnya.
Mengingat Sako Pramuka Penegak FWP adalah berpangkalan di beberapa sekolah, maka dalam kesempatan tersebut hadir pula Ketua Majelis Pembim bing Gugus Depan (Ka Mabigus) dari SMK Farming Pati, Kak drh SS Ngestiningsih.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Hasil Pengundian Kelompok Pedagang Nonkuliner Amburadul
Next post Pemagaran Keliling Alun-alun Pati Dimulai
Social profiles