Dr HM Slamet Warsito ST MT Pertanyakan Status Kepengurusan DPD Partai Berkarya Pati

Dr HM Slamet Warsito ST MM.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.COM PATI – Salah satu pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Berkarya Dr  HM Slamet Warsito ST MT, mempertanyakan status kepengurusan DPD partai tersebut untuk Pati. Saat ini ketua DPD partai yang bersangkutan dikuasai oleh Alwi Alaydrus alias Cuk Conk yang hanya berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) jawa Tengah, pimpinan Suwito.
Akan tetapi kepengurusan DPD Partai Berkarya versi Alwi Alaydrus sampai sekarang belum mendapat pengesahan dari DPP, sehingga patut dipertanyakan keabsahannya. Sebab, Ketua DPD Berkarya Pati yang sah, adalah Ny Hj Asniah SH, karena selain berdasarkan SK penetapan dari DPW Jateng juga sudah disahkan oleh DPP.
Terbentuknya kepengurusan DPD Berkarya Pati yang sah tersebut, katanya, karena waktu itu berkedudukan sebagai Ketua DPW Jateng. Berdasarkan pertimbangan partai, dia harus melepaskan kedudukan itu karena tenaganya dibutuhkan untuk memegang kepengurusan di tingkat pusat, tapi belakangan di Pati justru muncul kepengurusan lain yang ditetapkan berdasarkan SK DPW pimpinan Suwito, asal Grobogan.
Hal itu sama saja ketua DPW yang bersangkutan dinilai tidak bisa bekerja, karena dampak dari keputusan yang diambil berkait dengan penetapan kepengurusan DPD di banyak tempat menjadi kacau. ”Imbasnya tentu terjadi saat berlangsung pendaftaran para bakal calon legislatif (caleg), karena setelah melihat kondisi itu banyak di antara bakal caleg dari Berkarya yang pindah mencalonkan ke partai lain,”ujarnya.
Salah satu contoh yang cukup memprihatinkan, dan benar-benar ironis, masih kata Dr HM Slamet Warsito, adalah pencalonan bakal caleg di Kota Solo yang merupakan basis Berkarya. Ternyata calegnya hanya lima orang. Sedangkan berapa pun caleg dari Berkarya di Pati yang didaftarkan ke KPU setempat, oleh pihaknya tetap dinyatakan tidak sah.
Sebab, yang mendaftarkan caleg tersebut ke KPU bukan DPD partai yang sah dan secara resmi masih diketuai oleh Ny Hj Asniah SH. Menyikapi kondisi seperti itu, maka menurut rencana Sabtu (1/9) besok DPP akan menggelar rapat di Solo, untuk mengambil langkah-langkah yang dipandang perlu agar dalam mempersiapkan diri pada Pemilu Serentak 2019 Berkarya benar-benar bisa eksis secara maksimal.
Langkah tersebut salah satu di antaranya tentu menyangkut kondisi kepengurusan DPW, dan kepengurusan DPD Berkarya Pati yang diketuai Alwi Alaydrus tentu termasuk yang akan disikapi oleh DPP. ”Dengan demikian, permasalahan dua versi kepengursan DPD Berkarya di Pati cepat teratasi, karena kami sendiri juga sebagai caleg DPR RI dari Dapil Jateng I yang meliputi Kabupaten Kendal;, Kabupaten Semarang, Kota Semarang dan Kota Salatiga,”katanya.
Sampai berita ini dibuat Ketua DPD Berkarya Pati versi Ketua Alwi Alaydrus belum berhasil dihubungi lewat jaringan pribadi (Japri) ponselnya. Kendati dari seberang bernada tunggu, tapi tidak diangkat, dan pemberitahuan lewat WA untuk konfirmasi berkait hal tersebut sampai saat ini juga belum dijawab.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Agung Widodo Ingatkan Siapa Saja yang Hendak Menjadi Pamasok Barang Kebutuhan BPNT
Next post Kepengurusan DPD Tidak Perlu Pengesahan DPP
Social profiles